Posted by : Banana Harajuku Selasa, 05 Mei 2015


Akio Morita lahir pada tanggal 26 Januari00201921, di kota Nagoya, dari sebuah keluarga pengusaha bir sake. Keluarga Morita menekuni usaha pembuatan bir selama hampir 400 tahun di kota Tokoname, dekat Nagoya. Di bawah pantauan ayahnya, Kyuzaemon, Akio dipersiapkan untuk menjadi pewaris bisnis keluarga. Sebagai mahasiswa, Akio sering dilibatkan dalam rapat perusahaan dengan ayahnya dan ia membantu bisnis keluarga bahkan pada liburan sekolah.

Sejak usia dini, Akio gemar mengutak-atik peralatan elektronik. Matematika dan fisika adalah mata pelajaran favorit selama SD dan SMP dan sekolah tinggi. Setelah lulus dari Sekolah Tinggi, ia masuk Jurusan Fisika di Osaka Imperial University. Pada saat lulus dari Universitas, Jepang terlibat dalam perang Pasifik dan Akio bergabung dengan Angkatan Laut pada tahun 1944.

Ketika ia kembali ke rumah keluarga di Nagoya setelah perang, ketika sebuah artikel tentang laboratorium penelitian didirikan oleh Ibuka muncul dalam kolom surat kabar Asahi disebut, "Blue Pensil". Morita diundang untuk bergabung dengan fakultas Institut Teknologi Tokyo oleh salah seorang profesor. Morita mengemasi barang-barangnya dan siap untuk berangkat ke Tokyo. Dengan berakhirnya perang, Ibuka mendirikan Institut Penelitian Telekomunikasi Tokyo untuk memulai awal yang baru. Setelah membaca artikel ini, Morita mengunjungi Ibuka di Tokyo dan mereka memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan baru bersama.

Pada tanggal 7 Mei, 1946 Ibuka dan Morita mendirikan Tsushin Tokyo Kogyo KK (Tokyo Telekomunikasi Engineering Corporation) dengan sekitar 20 karyawan dan modal awal 190.000 yen. Pada waktu itu, Ibuka berusia 38 tahun dan Morita 25 tahun.

Selama kemitraan mereka yang panjang, Ibuka mencurahkan energinya untuk penelitian teknologi dan pengembangan produk, sementara Morita berperan dalam memimpin Sony dalam bidang pemasaran, globalisasi, keuangan dan sumber daya manusia. Morita juga mempelopori Sony untuk masuk ke dalam bisnis perangkat lunak, dan dia memberikan kontribusi kepada manajemen perusahaan secara keseluruhan.

Mendorong perusahaan untuk mengembangkan usahanya secara global terlihat dalam keputusan untuk mengubah nama perusahaan menjadi Sony di tahun 1958, sebuah keputusan yang tidak diterima dengan baik di dalam atau di luar perusahaan karena Tsushin Tokyo Kogyo sudah dikenal secara luas. Untuk pandangan semacam itu, Morita menegaskan bahwa sudah saatnya mengubah nama perusahaan agar lebih mudah untuk diucapkan dan diingat, agar perusahaan dapat tumbuh dan meningkatkan persaingan perusahaan secara global. Selain itu, Morita beralasan bahwa suatu saat perusahaan akan membuat produk-produk baru selain elektronik dan nama Tsushin Tokyo Kogyo akan tidak lagi sesuai. Oleh karena itu, ia mengubah namanya menjadi Sony Corporation dan memutuskan untuk menulis 'Sony' dalam abjad katakana (alfabet Jepang
yang biasanya digunakan untuk menulis nama asing), sesuatu yang belum pernah terjadi pada waktu itu.

Pada tahun 1960, Sony Corporation of America didirikan di Amerika Serikat. Morita memutuskan untuk pindah ke AS bersama keluarganya dan memimpin untuk membuat pangsa pasar baru bagi perusahaan. Dia percaya bahwa Sony harus mengembangkan distribusi penjualan sendiri secara langsung, bukan mengandalkan dealer lokal.

Banyak produk yang telah diluncurkan sepanjang sejarah Sony dapat dikatakan bahwa itu semua berkat kreativitas dan ide-ide inovatif dari Morita. Ide-idenya melahirkan gaya hidup yang sama sekali baru, dan ini jelas terlihat dari produk-produk seperti Walkman dan perekam kaset video.

Morita juga menunjukkan kemampuannya untuk melepaskan diri dari pemikiran konvensional di sektor keuangan, ketika Sony mengeluarkan American Depositary di Amerika Serikat pada 1961. Ini adalah pertama kalinya bahwa sebuah perusahaan Jepang telah menawarkan saham di New York Stock Exchange, dan ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan modal tidak hanya di Jepang. Sony membuka jalan bagi perusahaan-perusahaan Jepang untuk meningkatkan modal asing, pada saat praktek umum manajemen Jepang adalah untuk meminjam dana dari bank.

Mengubah nama Tsushin Tokyo Kogyo ke Sony menunjukkan, Morita sangat ingin diversifikasi operasi Sony di luar bisnis elektronik. Pada tahun 1968, perusahaan perangkat lunak memasuki bisnis musik di Jepang dengan mendirikan CBS / Sony Group Inc bersama-sama dengan CBS, Inc Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1979, Sony memasuki bisnis keuangan di Jepang dengan mendirikan Sony Prudential Life Insurance Co Ltd, perusahaan patungan 50-50 dengan The Prudential Life Insurance Co of America. Selanjutnya, Sony mengakuisisi CBS Records Inc pada tahun 1988. Tahun berikutnya, Sony mengakuisisi Columbia Pictures Entertainment, Inc, memungkinkan perusahaan untuk menjadi perusahaan entertainment yang komprehensif yang memiliki kualitas perangkat lunak dan perangkat keras yang sangat baik.

Selain mengelola Sony, Morita aktif dalam membangun jembatan budaya antara Jepang dan di luar negeri sebagai Wakil Ketua Keidanren (apan Federation of Economic Organizations) dan sebagai anggota dari Hubungan Ekonomi Group Jepang-AS, lebih dikenal sebagai " Wise Men's Group". Dia berperan penting dalam mengurangi friksi perdagangan antara Jepang dan Amerika Serikat, dan melalui publikasi produknya dengan kalimat seperti Made In Jepang, ia menjadi, "salah satu orang Jepang paling terkenal di AS"

Morita adalah orang Jepang pertama yang dianugerahi Medali Albert dari United Kingdom's Royal Society of Arts pada tahun 1982. Pada tahun 1984, ia menerima penghargaan dari National Order of the Legion of Honor (Ordre National de la Légion d'Honneur), yang tertinggi dan paling bergengsi dari Prancis, dan pada tahun 1991, ia dianugerahi Penghargaan First Class Order of the Sacred Treasure dari Kaisar Jepang. Selain itu, Morita menerima sejumlah penghargaan dari negara-negara seperti Austria, Belgia, Brasil, Jerman, Spanyol, Belanda, dan Amerika Serikat.
Anda tentu sudah tahu tentang walkman. Ya, walkman adalah tape kecil yang bisa dibawa ke mana-mana sehingga membuat kita bisa mendengarkan musik di manapun kita berada. Tapi, tahukah siapa orang yang pertama kali menggagas adanya walkmaii ini? Dialah Akio Morita, pendiri perusahaan Sony, yang menggagas sekaligus memopulerkan walkman.
Perusahaan Sony yang didirikan Akio Morita identik dengan produk elektronik terkemuka dunia. Produknya yang inovatif dan berkualitas terus membanjiri pasar dunia sampai kini. Akio Morita sendiri adalah seorang yang energik dan gemar berolahraga. Hingga usianya menginjak enam puluh tahun, ia masih tampak energik meski tubuhnya terlihat kurus, rambutnya putih, dan matanya hampir seluruhnya berwarna kuning.

Akio Morita menganut gaya hidup penuh kesederhanaan, dan menjunjung tradisi Jepang kuno yang mementingkan rasa kekeluargaan. Meski seorang “bos”, tepat pukul delapan pagi, ia telah tiba di kantornya dengan mengenakan seragam yang sama seperti yang dipakai oleh anak buahnya. la berhasil mengantarkan Sony menjadi perusahaan besar yang diperhitungkan. Bahkan, merek Sony dalam berbagai produk yang dikeluarkannva begitu kuat menembus pasar. Menurut sebuah survei pada tahun 2000, Sony menjadi merek nomor satu di mata para konsumen Amerika di atas Coca- Cola dan General Electric.
Akio Morita lahir di Nayoga, Jepang, pada 26 Februari 1921. Ia berasal dari keluarga bisnis. Ia telah dipersiapkan menjadi ahli waris sebuah keluarga bisnis yang telah berpengalaman 14 generasi, yakni sebuah perusahaan pembuat sake ternama di Nayoga. Namun, dengan semangat wirausahanya yang kuat, Morita meninggalkan kehidupan nyaman dan hak-hak istimewanya itu untuk melakukan sebuah langkah awal yang tidak pasti. Morita mendirikan Tokyo Telecommunication Engineering, Inc, saat Jepang baru saja bangkit dari puing-puing peperangan.
Dalam mengelola perusahaan barunya, Morito memiliki banyak gagasan cerdas nan brilian. Ia, misalnya, menggagas konsep pemasaran yang bertumpu pada identifikasi merek, di mana nama atau merek harus seketika mampu mengomunikasikan produk yang berkualitas. Karena itu, Morita selalu berusaha menemukan teknologi dan menghasilkan kualitas terbaik bagi konsumen. Konsep pemasaran semacam ini, sekarang digunakan secara luas oleh perusahaan-perusahaan masa kini.
Salah satu produk pertama Sony adalah radio transistor, diproduksi pada 1955. Meskipun transistor dikembangkan oleh Bell Labs dan dibuat oleh Western Electric, Sony-lah yang pertama kali menggunakannya untuk sebuah radio saku kecil pada 1957.
Sukses radio transistor mengantar Sony pada produk-produk transistor yang lain, seperti televisi 8 inci dan perekam pita video. Pencapaian teknologi Sony dalam desain produk, produksi, dan pemasaran telah berperan mengubah citra “Made in japan” dari barang-barang imitasi murahan menjadi barang-barang berkualitas tinggi.
Walkman adalah sebuah penemuan Sony yang lain, yang menunjukkan kecerdasan, inovasi dan kreativitas yang luar biasa. Ketika itu, Akio Morita memerhatikan anak-anak dan teman-temannya yang mendengar musik sepanjang hari. Ia menyaksikan orang menyetel musik di dalam mobil, dan membawa stereo besar ke pantai serta taman. Departemen Rekayasa Sony sebelumnya telah menolak konsep tape player tanpa fungsi perekam, tetapi Morita tak bisa ditolak. Ia memaksakan sebuah produk yang mirip tape mobil berkualitas tinggi, mudah dibawa, dan memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan sambil mengerjakan sesuatu. Akhir-nya, lahirlah walkman seperti yang kita kenal sekarang. Sony tercatat sebagai pencipta walkman pertama di dunia. Walkman yang diintroduksi dan diproduksi Sony berhasil merajai dunia. Bahkan kini tampil dalam kamus berbagai bahasa.
Globalisasi Sony dimulai dari Amerika Serikat (AS). Morita memindahkan seluruh keluarganya pada 1963 untuk mengenal Amerika, meliputi pasar, kebiasaan, dan aturan-aturannya agar peluang sukses perusahaannya lebih besar. Keputusan itu memang terbukti brilian. Di AS, Morita tinggal di sebuah apartemen besar di Fifth Avenue, Manhattan. Ia membangun jaringan solid dan bernilai dengan cara sosialisasi secara kontinu dan melakukan pesta setiap minggu, kebiasan yang tetap dipertahankan sepanjang kariernya. Akio Morita meninggal dunia pada tanggal 3 Oktober 1999 di Tokyo, Jepang.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FBM ENTREPRENEUR - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -